Translate

Saturday 21 October 2017

Materi Bahasa Indonesia kelas 9: Teks Eksemplum

Pengertian Teks Eksemplum
Teks eksemplum adalah teks yang berisi rekaan sebuah peristiwa yang tak diduga dan tidak diinginkan oleh partisipan (pelakunya)
Intinya teks ini menceritakan kejadian tak terduga dan tak terharapkan. Misal kecelakaan mobil, kebakaran rumah, atau hal sepele misal terpeleset, dll.
Struktur Teks Eksemplum
Struktur/ bagian-bagian Teks Eksemplum adalah (OII)
1. Orientasi: pengenalan. Pada tahap ini kita disuguhkan hal yang melatari/mengawali cerita/ peristiwa.
2. Insiden. Berisi kejadian yang diharapkan tersebut.
3. Interpretasi. Merupakan pemaknaan atau pengambilan makna dari peristiwa tersebut.
Ciri Kebahasaan / Fitur Kebahasaan
Ciri kebahasaan teks Eksemplum antara lain:
1. Berbentuk narasi. Artinya berbentuk cerita atau pengisahan. Di dalamnya berisi urutan kejadian yang kronologis.
2. Berisi kalimat berisi pemaknaan atau penafsiran
3. Menggunakan urutan peristiwa yang jelas (kronologis)
Contoh Teks Eksemplum
Senin, 1 Agustus 2016 saya beserta teman SMP mengadakan studi wisata ke Jakarta.
Kami berangkat selepas shalat Isya. Sampai di Jakarta menjelang subuh.
Sesampainya di sana kami menginap di asrama haji Pondok Gede. Walau ngantuk berat kami tetap semangat menyambut hari. Sebelum berangkat kami sarapan di kantin. Saat hendak membeli minuman, ketika itulah saya tergagap. Bagaimana tidak dompet saya tak ada. Saya cari-cari di saku tak ada. Begitu halnya di tas di kamar. Aduh. Kejadian itu saya laporkan pada guru pembimbing. Pak guru lalu mengumumkan kepada khalayak.
Tak lama berselang ada teman yang mendatangi guru pembimbing dan menyerahkan dompet. Ternyata dompet saya. Ia menemukannya di WC. Alhamdulillah. Saya berterima kasih padanya. Menghindari keteledoran ini.

1 comment:

  1. Materi tentang Teks Eksemplum sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan saya. Terimakasih banyak_ aanwijzing

    ReplyDelete